Kenangan masa lalu, rekaman masa kini dan keinginan untuk masa depan

Kunjungan Dirjen Dikmenjur: Pencerahan dari Sosok yang Optimis dan Berpandangan Jauh Kedepan

Posted in pendidikan, teknologi informasi by Khairul Hamdi on Agustus 2, 2008

Tanggal 16 Juli 2008 laboratorium LSKK mendapat kunjungan dari Dirjen Dikmenjur bapak Dr. Gatot Prawirodirjanto untuk melihat produk yang dihasilkan oleh mahasiswa Digital Media dan Game Tech ITB yang penyelenggarannya kerjasama antara ITB dan Dikmenjur. Dalam kesempatan tersebut pak Gatot melihat berbagai macam produk yang telah dibuat oleh mahasiswa. Secara garis besar produk tesis yang dibuat ini meliputi vechicle simulator, aplikasi augmented reality, advanced game dan e-learning. Simulator yang dibuat diantaranya driving simulator, tank simulator dan flight simulator. Aplikasi Augmented Reality (AR) yang dibangun meliputi AR Urban Design, AR Volcano, AR Flood dan AR Tsunami. Sedangkan advance game mengambil tema game penyerangan Sultan terhadap Belanda di Batavia. Pada dasarnya berbagai aplikasi yang dibuat ini adalah alternatif dari metoda yang telah ada. Berbagai teknologi dienablekan sehingga ada kalanya kita harus merekayasa ulang ( reengineering ) proses bisnis yang sudah ada dan membuat skenario baru seandainya proses bisnis tersebut belum ada.

Dalam kunjungan tersebut Dirjen Dikmenjur banyak memberikan berbagai arahan, beliau juga memberikan saran untuk melakukan pengembangan lebih lanjut mengenai aplikasi yang telah dibangun. Produk-produk yang dihasilkan sebaiknya harus sampai kepada tahap komersialisasi dan tidak hanya berupa prototip yang ditinggal dilab tanpa pengembangan selanjutnya. Menurut pak Gatot, pengembangan aplikasi perangkat lunak di Indonesia merupakan sektor yang sangat menjanjikan terlebih sektor ini dikategorikan sebagai industri kreatif yang tidak memerlukan modal yang besar, namun memerlukan SDM yang kreatif dan adanya iklim yang cocok untuk pengembangan ide-ide kreatif. Industri kreatif yang berbasis pengembangan software sekarang ini sebagian besar masih dikuasai oleh asing. Namun pemain pemain lokal sudah mulai bermunculan yang mengusung konten-konten lokal seperti Sangkuriang, Akal Interaktif dan lain sebagainya. Berbagai potensi budaya sangat banyak untuk dikembangkan, seperti tokoh-tokoh pahlawan, tokoh dongeng dan berbagai kisah kerajaan dimasa silam. Potensi ini sangat banyak dan yang harus dilakukan adalah mengemas produk sebaik dan semenarik mungkin sehingga disukai oleh para konsumen. Anak-anak yang tadinya hanya mengenal doraemon, naruto dan dan mario bros diharapkan lebih mengenal tokoh-tokoh lokal seperti Malin Kundang, si Kabayan, si Pitung dan lain sebagainya.

Beasiswa yang diberikan oleh Dikmenjur ini bertujuan untuk mengembangan komunitas teknologi Game diIndonesia, dimana negara kita memiliki SDM yang minim dibidang yang satu ini. Diharapkan selepas memperoleh pendidikan ini, terbentuk sebuah komunitas game-tech yang menjadi pionir dalam pengembangan industri kreatif berbasis perangkat lunak ini.

Pada akhir sessi pak Gatot banyak memberikan motivasi, beliau menanyakan apakah kami sudah mempunyai kendaraan sendiri ? tentu saja belum, karena keuangan yang masih morat-marit. Beliau menantang kami bahwa lima tahun lagi harus sudah punya mobil sendiri dari pengembangan produk ini. Amin…

Tagged with: ,

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. pakarfisika said, on Agustus 3, 2008 at 5:51 am

    salam kenal Pak. Senang menemukan blog ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. wassalaam,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: