Kenangan masa lalu, rekaman masa kini dan keinginan untuk masa depan

Dilempari Sepatu, Oleh-oleh Rakyat Irak pada Akhir Jabatan Bush

Posted in misceallous by Khairul Hamdi on Desember 16, 2008

Pagi ini waktu nonton berita TVOne dalam acara Kabar Pagi, wbush1video yang saya tunggu-tunggu akhirnya ditayangkan juga, yaitu insiden pelemparan sepatu terhadap presiden negara adidaya Amerika Serikat. Insiden ini terjadi saat memberi keterangan pers bersama presiden Irak dalam sebuah kesempatan di kota Baghdad. Pelemparan dilakukan oleh seorang wartawan Irak yang sedang meliput acara tersebut. Entah apa sebabnya tiba tiba sang wartawan berdiri, mengambil sepatunya kemudian melempar sang Presiden, kedua lemparan tidak mengenai sang Presiden. Bidikan sang wartawan cukup akurat, bila tidak mengelak sepatu terbang akan tepat mencium dahi sang Presiden. Ternyata presiden Bush punya refleks yang cukup bagus dan tidak terlihat panik sedikitpun. Selain pintar berpolitik dan mengatur strategi, ternyata pak Presiden juga pintar mengelak dari lemparan sepatu. Mungkin karena hobby main softball ya ?. Sang wartawan sepertinya ingin memberi hadiah perpisahan kepada Presiden yana akan melepaskan jabatan akhir tahun ini, sayangnya niat sang wartawan tidak kesampaian.

harus sering berlatihTerus terang kitapun kaget dan takjub dengan peristiwa ini, banyak yang menyesalinya sebagai bentuk protes yang tidak elegan tapi lebih banyak lagi yang menyayangkan kenapa lemparan ini tidak mengenai sasaran. Pastinya peristiwa ini sebagai bentuk kemarahan rakyat Irak terhadap invasi militer AS dengan dalih kepemilikan senjata pemusnah massal yang sampai saat ini tidak bisa dibuktikan. Masyarakat AS sendiri menanggapinya dengan berbagai pendapat. Sebagian tidak rela sang presiden dilempar dengan sepatu, sebagian mengganggap ini sebagai bentuk kebebasan yang kebablasan. Namun semua warga negara AS sepenuh hati menyadari kalau insiden ini bentuk kemarahan dunia terhadap kebijakan politik luar negeri AS yang agresif dan mempunyai standar ganda. Disatu sisi menyuplai kebutuhan logistik dan militer negara zionis Israel yang terang-terang mencaplok Palestina dan mengusir penduduknya. Disisi yang lain melakukan serangan militer terhadap Irak yang merusak sendi-sendi kemanusiaan dengan tuduhan kepemilikan senjata pemusnah massal yang sampai sekarang gagal dibuktikan keberadaanya.

Presiden AS terpilih Barrack Obama pun harus hati-hati. Bila membuat kebijakan yang salah arah, siapa tahu sudah ada pula orang yang berniat untuk melempar sepatu kepada sang Presiden. Tentunya dia akan belajar dari sang wartawan Irak yang sudah mencoba sebelumnya tapi tidak mengenai sasaran.

Tagged with: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: