Kenangan masa lalu, rekaman masa kini dan keinginan untuk masa depan

Suasana Lebaran Dikampung Halaman

Posted in Ranah Minang by Khairul Hamdi on Oktober 13, 2009

Bagi sebagian besar masyarakat kita, Dirumah angku etekmudik kekampung menjelang lebaran sudah menjadi kebiasaan tiap tahun. Begitu juga dengan saya, lebaran terasa lebih semarak kalau berada ditengah-tengah keluarga dan handani tolan.Tradisi mudik ini menjadi tradisi bagi semua kalangan dan hampir pada semau suku bangsa di negara kita.

Karena saya berasal dari Sumatera Barat, maka mudik kali ini pun saya tidak melewatkan lebaran bersama orang tua dan saudara dikampung halaman di Batipuh Baruh, sebuah nagari (dulunya desa) yang dekat dengan kota Padang Panjang. Dirumah angku etek 3Sebetulnya banyak yang saya cari waktu mudik kali ini, selain bertemu dengan orang tua, juga dengan teman-teman sepermainan, teman sekolah, teman kuliah sekaligus wisata kuliner gratis kerumah-rumah dunsanak (=famili) dan teman-teman. Entah kenapa setiap habis puasa nafsu makan ikut bertambah.

Salahsatu agenda yang tak terlewatkan adalah jalan-jalan keareal sawah keluarga yang letaknya tidak jauh dari rumah. Biasanya saat saya kuliah dipadang waktu pulang kampung kerumah selalu main kesawah ini, melihat pemandangan dan suasana yang tenang hilang semua beban pikiran yang ada. Waktu kecil saya juga sering membantu apa (=ayah) kesawah, ayah disela kesibukannya sebagai pegawai negeri juga menyempatkan diri mengurus sawah yang lumayan luas. digalagahSuasana disini bukan main indahnya, daerah yang dikelilingi gunung Marapi dan disalah satu ujungnya terdapat pemandangan danau Singkarak sangat asyik untuk dilihat. Oh iya foto-foto yang dipajang ini waktu silaturahmi dirumah angkutek (= adik laki2 ibu ) dan angah (=kakak laki2 ibu). Semuanya adalah saudara sepupu yang sebagaian sudah bekerja dan ada yang masih sekolah dan kuliah.

5 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. mursyid said, on Oktober 15, 2009 at 3:06 am

    koment ciek yo kirul…
    tambahan…selain bertemu keluarga, teman sepermainan, teman sekolah, teman kuliah…tak lupa juga nyari sang jodoh…hehehehe…

    • Khairul Hamdi said, on Januari 1, 2010 at 6:13 am

      he he iyo sid sambia menyilam mancari intan

  2. Dewi Febriani said, on Januari 16, 2010 at 12:35 am

    Good Story Pak Dosen, tapi ado nan kurang. Ketika lebaran datang, ada hal yang tak pernah kulewatkan yaitu berkumpul dengan teman seperjuangan ketika SMA. Bla..bla.. Hehe…

    • Khairul Hamdi said, on Januari 16, 2010 at 6:23 am

      iyo wi, tapi pas rayo Dewi ndak pernah mancogok do,tiok kapai main ka koto panjang dewi sibuk taruih se….

  3. venny said, on April 16, 2011 at 1:56 am

    seperti sebuah catatan harian. kalau bisa deskripsikan foto2 itu di mana persisnya. misalnya silaturrahmi ke rumah angkutek (ups, itu bukan rumah angkutek, tapi rumah my mom :)), di Bancah Nagari pakan rabaa Kec. Koto Parik Gadang Diateh Kab. Sol Sel. kalu yg di rumah angah di Galagah batang gadih Batipuh Baruh.
    lebaran besok da andi pulang kan????


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: